Jadi Kids Jaman Now di Bulan Ramadan

Oleh: Diana Andriani

Sahabat TH, Ramadan tiba kembali.  Sebagai kids jaman now sudah nyiapin apa nih buat bulan mengarungi Ramadan? Ramadan kan setahun sekali nih, ibarat ulang tahun Sahabat TH, pasti dong pengin dirayakan dengan cara terbaik dan tak terlupakan? Siapa tahu ini Ramadan terbaik dan terakhir kita dengan orang tersayang. Jadi wajib banget nih, merayakan Ramadan dengan cara kids jaman now.

Biasanya apa sih yang paling bikin sayang di bulan Ramadan itu? Sahurnya? Buka puasanya? Atau lebarannya?

Yaah, garing kalau begitu aja. Gimana kalau kita bikin tantangan selama bulan puasa ini, biar puasanya kekinian dan enggak ngebosenin, kita bikin target setiap harinya, dan ada hukuman kalau targetnya enggak tercapai. Nih beberapa contoh target yang bisa Sahabat TH ikuti.

  1. Target bangunin orang sahur, minimal 10 orang per hari.

Ini berlaku buat Sahabat TH yang bangun sahurnya suka pada telat nih. Biasanya sudah pada bangun, tidur lagi, eh telat deh sahurnya. Hukumannya, ngasih sahur buat orang yang enggak mampu. Gimana tuh?

  1. Target enggak tidur habis sahur dan makan makanan bergizi.

Naahh, ini nih yang biasanya susah banget dilakuin! Jujur saja ya kan? Sahabat TH pasti enak banget tuh habis sahur, molor lagi. Malah makin nyenyak tidurnya. Jangan ya! Enggak baik. Karena makanan yang Kita cerna belum semua diproses tubuh. Akhirnya menumpuk dan tidak bisa jadi energi kalau kita langsung tidur. Hasilnya, sekalipun Kita makan banyak-banyak pas sahur tetep saja lemes, karena energi enggak diproses tadi.

Makanan kaya gorengan dengan berbagai varian pasti menggoda banget pas buka puasa apalagi ditambahin es yang dingin. Tapi pasti bikin panas dalam loh dan puasanya jadi enggak nyaman deh.  Hukumannya kalau melanggar tidur, hmm gimana kalau setiap menit kita tidur sehabis sahur dikalikan 500 rupiah, dan harus kita sumbangkan. Gimana? Masih mau bobok?

Sedangkan kalau makan gak bergizi, hukumannya harus minum air putih 8 gelas per hari puasa, gelonggongan deh selama puasa.

  1. Target enggak ngomongin orang selama bulan Ramadan

Nah nah naaah, ini nih. Target yang paling berat. Hayo ngaku hayoo!! Ini berlaku ketika sudah buka puasa juga ya. Pasti kalau acara bukber tuh enggak jauh dari kegiatan ginian. Padahal sudah jelas tuh enggak boleh. Yakin deh Sahabat TH pasti udah tahu semua. Selain memang dosa, pasti kita juga enggak mau kan diomongin sama temen kita? Nah hukumannya, gimana kalau ngasih buka puasa ke orang yang enggak mampu, setiap kali kita ngomongin orang? Bisa lah ya hehehe.

  1. Target melakukan kegiatan positif setiap harinya

Contohnya, jadi volunteer di Terminal Hujan setiap minggu, liqo setiap Jumat, Ikut kajian setiap Sabtu, ngajarin adek ngaji setiap Senin, bersih-bersih rumah setiap Rabu, bagi-bagi buka dan sahur gratis setiap Kamis. Dan jadwalkan sedekah setiap Selasa. Waahh pahalanya mengalir lancar tuh. Hukumannya? Bisa dengan ngurangin waktu tidur malam, buat banyakin sholat malam.

  1. Terakhir nih, Target full taraweh selama Ramadan

Naah, yang perempuan mungkin beberapa hari ada kelonggaran yaah. Nah buat cowok-cowok nih. Wajib tercapai yaah? Katanya kuat? Masa ke masjid buat teraweh saja mundur? Ayo cowok-cowok strong mana suaranya?!

Yang cewek jangan ketinggalan juga ya, sempatkan selagi kuat. Hukumannya, bisa nih dengan nambah hafalan pengajian, atau pencapaian ngaji sampe khatam.

Nah, itu contoh saja ya buat bikin target selamat Ramadan.  Biar puasa kita makin seru, berkah dan kekinian. Kapan lagi ya kan bisa ketemu Ramadan? Nah mumpung masih ada waktu, siapin semua target terbaik kamu. Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *