Kumpul Perdana Pengurus 2017/2018

Pengurus Terminal Hujan

Berakhir sudah sudah tahun kepengurusan 2016/2017. Sudah saatnya Terminalhujan diisi dengan energi-energi baru agar lingkaran kebaikannya terus berputar. Sahabat TH, regenerasi personil di sebuah organisasi merupakan hal yang sangat mutlak untuk dilakukan karena berkaitan dengan peremajaan, ajang pembelajaran dan evaluasi diri. Proses rekrutmen pengurus baru, kami lakukan selama hampir dua bulan, dimulai Agustus hingga akhir September. Prosesnya ternyata tak semudah yang dibayangkan lho, karena terbuka waktu yang dibutuhkan relatif tak sebentar, mulai dari persiapan, pembentukan tim rekrutmen, menyiapkan media dan publikasi, menyeleksi dan lain-lain.

Tapi bersyukur, proses itu sudah kami lalui dengan baik. Lebih dari 100 kakak calon pengurus yang mendaftar, sebagian besar melalui plaftorm Indorelawan, terpilihlah 80 orang pengurus untuk mengisi pos-pos kepengurusan di empat bidang utama. Nah, berkaitan dengan struktur kepengurusan tersebut, kami sudah melakukan perampingan dan penyederhaan lho. Eits, tunggu dulu, kita simak dulu ya keseruan kumpul perdana dalam rangka orientasi pengurus yang dilakukan pada Minggu, 1 Oktober 2017 di Kelurahan Baranangsiang, Bogor.

Sahabat TH, kakak-kakak yang sudah lolos seleksi pengurus masih kami sebut dengan calon pengurus, karena belum melalui proses pelantikan. Kakak-kakak itu sebelumnya sangat antusias mengikuti kegiatan perekrutan pengurus baru, dimana peserta datang dari berbagai daerah, sekitar Bogor. Dengan niat baik dan semangat untuk dapat bergabung menjadi bagian dari Terminalhujan, calon pengurus Terminalhujan melakukan proses seleksi melalui dua terdiri dari tahap pengisian formulir dan wawancara.

Tepatnya Minggu 1 Oktober 2017, pendaftar calon pengurus Terminalhujan yang terpilih menjadi calon pengurus baru Terminalhujan periode 2017 /2018 melaksanakan pertemuan perdana di kantor kelurahan Baranangsiang untuk melakukan pengenalan atau orientasi. Pertemuan perdana diisi dengan penyampaian informasi tentang kegiatan dan kepengurusan Terminalhujan, diwarnai dengan games menarik. Tim PSDM sebelumnya telah menyiapkan serangkaian games perkenalan, untuk mempermudah proses sosialisasi antar pengurus dari masing-masing bidang.

Menurut testimoni beberapa kakak, games perkenalannya sukses membuat keadaan lebih cair, bersahabat dan menghibur lho. Tak lupa, panitia menutup sesi games perkenalan tersebut dengan pemberian hadiah-hadiah di seperti buku, tumbler dan kaos. Sahabat TH, acara orientasi baru merupakan pintu pertama bagi calon pengurus baru, meski pun kami sudah siap sepenuhnya menjalankan tugas masing-masing. Tetapi sehabis proses tersebut, masih akan ada rapat kerja, meliputi program selama setahun depan dan ditutup dengan pelantikan pengurus. Barulah setelah melalui tahap itu, kakak-kakak akan resmi disebut pengurus Terminalhujan.

Nah, sekarang saatnya bercerita tentang perampingan struktur kepengurusan yang tadi sudah disinggung sedikit. Sahabat TH, perampingan struktur ini juga merupakan hasil evaluasi dari kepengurusan di tahun sebelumnya. Tahun ini kami membagi seluruh tugas dan fungsi ke dalam lima bidang utama, masing-masing dikepalai oleh wakil ketua bidang, yang bertanggungjawab kepada ketua. Harapannya, dengan struktur yang lebih sederhana ini, Terminalhujan bisa lebih efektif dalam menjalankan berbagai tugas, dimana yang paling utama adalah belajar dan bermain bersama adik-adik. Di edisi yang berbeda nanti kami akan membagikan cerita-cerita seru dari kakak-kakak pengurus baru. Nantikan terus ya! (Diana Apriliyani)